RAPAT EDUKASI DAN WORKSHOP PENGGUNAAN LENTERA

  • 25 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Program Studi Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar
  • Berita

(http://eki.febi.uin-alauddin.ac.id/) Samata - Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengadakan Rapat Edukasi yang dirangkaikan dengan Workshop Penggunaan Lentara, Selasa (25/08). Kegiatan ini diikuti oleh Dekan dan wakilnya beserta dosen yang mengajar di lingkup FEBI UIN Alauddin.

Mengawali kegiatan Rapat Edukasi Dr. Wahyuddin Abdullah selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik, dalam pengantarnya mengatakan bahwa “Rapat Edukasi adalah program rutin kita yang sudah terjadwal dikalender akademik. Untuk semester ini proses pembelajaran kita berbeda dengan beberapa semester yang lalu, dengan adanya wabah Covid-19 yang dulunya pembelajaran berbasis tatap muka sekarang menjadi daring. Lentera merupakan produk pembelajaran daring yang dibuat oleh UIN Alauddin dan berbeda dengan kampus yang lain. Belajar dari pertemuan semester kemarin penggunaan lentera kurang lebih 10 % sehingga perlu untuk diadakan  Workshop Penggunaan Lentera. Dalam kondisi perkuliahan daring, Bapak/Ibu dosen diharapkan tetap memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa.”

Narasumber pertama, Prof. Abustani Ilyas mengungkapkan bahwa “kegiatan Rapat Edukasi dan Workshop Penggunaan Lentera ini sangat penting diikuti oleh akademisi FEBI UIN Alauddin. Pertama, Rapat Edukasi ini sebagai penentu dan pembagian SK pengajaran bagi para dosen. Kedua,  Workshop lentera ini banyak manfaatnya, sebagai pembelajaran dan pembimbingan kepada mahasiswa. Harapan kita walaupun dalam suasana Covid-19 proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.”

 Terakhir Prof. Abustani Ilyas yang juga selaku Dekan FEBI UIN Alauddin, mengucapkan terima kasih kepada pemateri Workshop Penggunaan Lentera dan mengharapkan dosen dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Asep, M.Kom selaku narasumber kedua, dalam penjelasan mengungkapkan bahwa “Lentera adalah LMS (Learning Management System) yang merupakan bagian dari aplikasi moodle. Sistem ini sebenarnya sudah digunakan sebagai pembelajaran sejak tahun 2018 (lms.uin-alauddin.ac.id) dan berubah menjadi lentera di tahun 2019 (lentera.uin-alauddin.ac.id). Program ini pertama kali  digunakan oleh Fakultas Kedokteran, kebetulan dengan adanya pandemi Covid-19 sehingga bisa digunakan semua Fakultas untuk kegiatan pembelajaran daring.”


Oleh: Trisno Wardy Putra