JURUSAN EKONOMI ISLAM DAN MANAJEMEN FEBI UIN ALAUDDIN INISIASI KERJASAMA INTERNATIONAL INSPEK UNIVERSITI MALAYSIA KELANTAN

  • 14 Maret 2023
  • 01:35 WITA
  • Program Studi Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar
  • Berita

Ekonomi Islam Online Institute for Poverty Research and Management Universiti Malaysia Kelantan adalah Pusat Penyelidikan (Centre of Excellence- CoE) yang berstatus Konsortium Kecemerlangan Penyelidikan (KKP) Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia. InsPeK berdasarkan pada penyelidikan dan perkhidmatan terkait kemiskinan serta kesejahteraan.

Hal ini penting untuk dikaji dan dikolaborasikan bersama, apalagi kemiskinan menjadi momok bagi semua negara. Peran Islamic Economic and management, sangat penting diterapkan dalam pengentasan kemiskinan. Dalam sejarah kekhalifaan Umar bin Abdul Aziz, tidak ada lagi masyarakat yang mau menerima zakat, ini menjadi bukti bahwa penerapan Islamic Economic dan management dapat menjadi salah satu solusi dalam pengentasan kemiskinan.”Ungkap Prof. Dr. Wan Ahmad Amir Zal (Direktur InsPek Universiti Malaysia Kelantan)

Menyambut hal tersebut Ketua Jurusan Ekonomi Islam Ayu Ruqayyah Yunus, M.E.K, dan Ketua Jurusan Manajemen Dr. Rika Dwi Ayu Parmitasari, M.Comm, sebagai inisiator kegiatan kerjasama internasional mengharapkan penguatan  kolaborasi antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar dengan Institute for Poverty Research and Management Universiti Malaysia Kelantan.

Sebagai implementasi awal dari kegiatan Kerjasama ini adalah kegiatan seminar Internasional yang bertemakan Wellbeing and Poverty In Muslim World. Kedepan kita mengharapkan penandatanganan Kerjasama ini menjadi pintu pembuka bagi kerjasama-kerjasama berikutnya terutama dalam rangka penguatan Tri Dharma baik dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Kontributor: Trisno Wardy Putra